Baru-baru ini, Demokrat mengadakan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Posindonesia.net jakarta

Jakarta – Menjelang gelaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, berbagai partai politk (parpol) mulai menyiapkan strategi. Tak terkecuali Partai Demokrat.

Partai berlogo mercy itu memasang target kemenangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diusung, khususnya di Ibu Kota Negara, DKI Jakarta.

“Kita menargetkan capres dan cawares yang diusung Demokrat menang di DKI Jakarta,” ujar Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrat DKI Jakarta, Mujiyono pada Selasa (11/10/2022). Tak hanya itu, Demokrat juga memasang target untuk Pemilihan Legiatif (Pileg) 2024. Mereka menargetkan dapat empat kursi dari tiga daerah pemilihan (dapil) Jakarta.

Selain itu, partai yang diketuai Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu menargetkan 20 persen kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pileg DKI Jakarta 2024.

“Setiap dapil dua kursi,” katanya. Target 20 persen tersebut bertujuan agar Demokrat dapat mengusung calon Gubernur DKI Jakarta secara tunggal. Kemudian Demokrat juga menargetkan kemenangan dalam Pilkada DKI 2024 mendatang. Untuk mencapai target-target tersebut, Demokrat sedang menguatkan konsolidasi para kader di berbagai tingkat kepengurusan.

Kemudian, strategi lain adalah menyasar kaum milenial.

“Ikut terlibat konten sosmed yang digemari dan menarik perhatian anak muda,” kata Mujiyono. Selain itu, partai tersebut juga mulai menjajaki peluang koalisi dengan berbagai parpol. Sebabnya, Demokrat belum memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold, yaitu sebesar 20 persen.

Safari politik telah dilakukan sang ketua umum atau petinggi partai lainnya untuk membuka peluang koalisi, di antaranya ke Partai Nasdem, PKS, PAN, dan sebagainya.

Baru-baru ini, Demokrat mengadakan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Sebagaimana diketahui, Anies telah dideklarasikan Nasdem sebagai bakal capres pada Pemilu 2024.

Red-  saeful bahri /posi