Namun, di balik euforia menyambut momen tersebut, menjalani perjalanan jauh tentu membawa risiko dan tantangan tersendiri | POSINDONESIA.NET
mgid.com, 749657, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Namun, di balik euforia menyambut momen tersebut, menjalani perjalanan jauh tentu membawa risiko dan tantangan tersendiri

Posted by:

Tangerang, posindonesia.net

Ketua MDS RA Kota Tangerang Ust Ahmad Ansyory menyampaikan,” Memasuki akhir bulan Ramadhan dan mendekati Idul Fitri, banyak kaum Muslimin yang akan melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman. Pada pekan ini diperkirakan sebagian masyarakat kota Tangerang sudah melakukan perjalanan untuk mudik.

Mudik adalah sebuah tradisi yang kental dengan nuansa kebersamaan dan harapan, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Indonesia, terutama saat menjelang perayaan Idul Fitri.

“Namun, di balik euforia menyambut momen tersebut, menjalani perjalanan jauh tentu membawa risiko dan tantangan tersendiri, Oleh karena itu menghadapi perjalanan mudik dengan doa adalah langkah bijak yang bisa memberikan perlindungan dan keselamatan,” Ujar Ahmad Ansori.

doa yang bisa dibaca saat hendak berkendara untuk mudik atau perjalanan pada umumnya sebagai berikut:
1. Bismillah
2. Lalu membaca doa berikut:

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya: Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

3. Alhamdulillāh (3 kali).
4. Allāhu akbar (3 kali).
5. Kemudian membaca doa berikut:
سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ
Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Artinya: Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.
Doa ini disampaikan oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar. Ia mengutip riwayat Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan An-Nasai dari Sayyidina Ali ra terkait doa berkendaraan (Imam an-Nawawi, al-Adzkar, 1971: 188

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor bersama Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Tangerang meluncurkan Posko Mudik 2024 yang berlokasi di jalan Daan Mogot Raya, di depan kantor Polres Metro Tangerang Kota,”

Ketua PC GP Ansor Kota Tangerang H Midyani mengatakan,” selain memenuhi arahan Pimpinan Pusat GP Ansor, peluncuran Posko Mudik ini juga sebagai bentuk pengabdian sosial GP Ansor kepada masyarakat, khususnya pemudik yang sedang menuju kampung halamannya.

“Posko Mudik 2024 ini bentuk pelayanan dan pengabdian sosial GP Ansor-Banser Kota Tangerang kepada masyarakat, khususnya kepada Pemudik yang sedang menuju kampung halamannya untuk merayakan hari raya Idul Fitri,” kata H Midyani, pada Jum’at, (5/4/2024) malam.

posko ini tidak hanya dijaga oleh Banser saja, tapi juga akan diisi oleh Ansor dan semua bidang pengurus di internal PC GP Ansor Kota Tangerang.

sahat / posi

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.