Presiden RI Utus Menpora Oto Ariotedjo Buka Kongres GAMKI, Sahat Sinurat Terpilih Sebagai Ketum | POSINDONESIA.NET
class="post-template-default single single-post postid-3067 single-format-standard custom-background wp-custom-logo" id="top">
mgid.com, 749657, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Presiden RI Utus Menpora Oto Ariotedjo Buka Kongres GAMKI, Sahat Sinurat Terpilih Sebagai Ketum

Posted by:

Presiden RI Utus Menpora Oto Ariotedjo Buka Kongres GAMKI, Sahat Sinurat Terpilih Sebagai Ketum Termuda

 

Jakarta, Posindonesia.net-
Kongres XII Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) di Kota Ambon, Maluku telah resmi memilih dan menetapkan Sahat Martin Philip Sinurat sebagai Ketua Umum dan Alan Christian Singkali sebagai Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Masa Bakti 2023-2026.

Kongres XII GAMKI dibuka oleh Presiden Joko Widodo yang memberikan amanah kepada Menpora Dito Ariotedjo untuk membacakan sambutan resmi Presiden sekaligus membuka rangkaian acara Kongres.

Dalam Kongres yang berlangsung sejak tanggal 14 sampai 19 Mei 2023, forum juga menetapkan Ketua Umum periode sebelumnya, Willem Wandik sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) GAMKI.

Dalam pernyataannya setelah terpilih sebagai Ketum GAMKI, Sahat berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya perhelatan Kongres, antara lain Sinode Gereja Protestan Maluku (GPM), Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kota Ambon, TNI, Polri, tenaga kesehatan, Pelni, dan berbagai pihak lainnya.

“Kemarin, Jumat, 26 Mei 2023, puluhan delegasi Kongres dari sejumlah cabang di Tanah Papua telah pulang ke daerah asal masing-masing menggunakan transportasi kapal Pelni. Para delegasi ini merupakan rombongan terakhir yang meninggalkan Kota Ambon sebagai lokasi pelaksanaan Kongres,” kata Sahat dalam keterangan resminya, Sabtu, 27 Mei 2023.

Sahat juga mengucapkan terimakasih kepada para peserta Kongres yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin GAMKI selama tiga tahun ke depan.

“Saya dan Sekum terpilih Alan Singkali akan bertanggungjawab sebaik mungkin serta meneruskan berbagai legacy positif yang sudah ditorehkan oleh DPP GAMKI periode-periode sebelumnya, di bawah kepemimpinan Ketum Willem Wandik dan Ketum Michael Wattimena,” kata Sahat yang juga bertugas sebagai Komisaris di perusahaan Pelindo Multi Terminal Indonesia ini.

Terkait usianya yang terhitung masih muda ketika terpilih sebagai Ketum DPP GAMKI, Sahat menjelaskan bahwa GAMKI harus bisa menjawab tantangan zaman terkait kebutuhan kepemimpinan muda di era bonus demografi.

“Dalam acara pembukaan, para delegasi Kongres terinspirasi melihat kehadiran menteri termuda Indonesia Dito Ariotedjo. Beliau di usia 32 tahun sudah dipercaya oleh Presiden Jokowi, tentunya hal ini menjadi motivasi bagi GAMKI untuk dapat menghasilkan para pemimpin muda sesuai dengan bidangnya masing-masing,” ujar Sahat.

Diketahui, Dito Ariotedjo merupakan menteri termuda yang ditunjuk Presiden Jokowi menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga pada usia 32 tahun.

“Pada kepengurusan ini GAMKI akan fokus pada tiga gerakan, yakni gerakan pemikiran, gerakan advokasi, dan gerakan profesi. Ketiganya dengan pendekatan inovasi dan kolaborasi yang merupakan spirit dari kepemimpinan generasi muda,” pungkas alumni S1 dan S2 dari Institut Teknologi Bandung ini.

Kongres XII GAMKI telah berakhir dengan mencatat beberapa sejarah baru, antara lain untuk pertama kali, Kongres GAMKI dibuka oleh Presiden, yakni Presiden Jokowi. Menpora Dito Ariotedjo secara khusus diamanahkan untuk datang ke Kota Ambon membacakan pidato Presiden RI serta membuka secara resmi Kongres XII GAMKI.

Selain itu, Kongres XII GAMKI di Kota Ambon juga tercatat dalam sejarah menjadi Kongres yang dihadiri peserta terbanyak, yakni 244 cabang dan 34 daerah/provinsi dari seluruh Indonesia. Forum Kongres juga telah memutuskan agar GAMKI didaftarkan menjadi badan hukum perkumpulan.

Hal lain, untuk pertama kalinya, MPO GAMKI dipimpin oleh Ketua dari tanah Papua, yakni Willem Wandik, yang dalam Kongres sebelumnya tahun 2019 juga mencetak sejarah menjadi Ketua Umum pertama GAMKI yang berasal dari Tanah Papua.

Sebagai catatan, dalam pembacaan Laporan Pertanggungjawaban DPP GAMKI 2019-2022 di persidangan Kongres, 34 DPD GAMKI yang menaungi 244 DPC GAMKI dari seluruh Indonesia mengapresiasi dan menerima laporan pertangungjawaban DPP GAMKI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Willem Wandik dan Sekretaris Umum Sahat MP Sinurat.

Dalam Kongres ini juga, terpilih Ketua Umum termuda sejak cikal bakal GAMKI berdiri pada tahun 1945, dimana Sahat Sinurat terpilih di usia 34 tahun, bersama dengan Sekretaris Umum Alan Singkali.

Sahat dan Alan diketahui juga pernah bersama-sama memimpin Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) pada jabatan dan periode yang sama, tahun 2016-2018 lalu. Kolaborasi keduanya kembali dilakukan di GAMKI setelah lima tahun silam menyelesaikan tanggung jawab mereka sebagai Ketua Umum dan Sekretaris Umum PP GMKI.
(Red)

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.