Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pembentukan Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Malaysia | POSINDONESIA.NET
mgid.com, 749657, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Ketua MPR RI Bamsoet Dukung Pembentukan Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Malaysia

 

Posindoneaia.net] JAKARTA

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila dan Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menilai kehadiran Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Malaysia dibawah kepemimpinan Ketua Khairuddin Adnan yang akan dilantik dalam waktu dekat, harus dapat memberikan manfaat bagi para warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Malaysia. Khususnya dalam merawat semangat kebangsaan dan soliditas, serta memberikan perlindungan kepada WNI yang membutuhkan.

“Menurut data Kementerian Luar Negeri Indonesia, tercatat setidaknya ada 1,3 juta WNI yang tinggal di Malaysia. Kehadiran MPW Pemuda Pancasila disana harus menjadi sumberdaya nasional yang mempelopori pelaksanaan implementasi, aktualisasi, dan revitalisasi nilai-nilai Pancasila. Sehingga bisa tetap menjaga semangat nasionalisme saudara sebangsa kita yang berada di Malaysia,” ujar Bamsoet usai menerima jajaran MPW Pemuda Pancasila Malaysia, di Jakarta, Selasa (14/2/23).

Pengurus MPW Pemuda Pancasila Malaysia yang hadir antara lain, Ketua Khairuddin Adnan dan Wakil Ketua Muhammad Tohong Hasibuan.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, MPW Pemuda Pancasila Malaysia juga harus menjadi kekuatan sosial dalam diplomasi internasional Indonesia melalui people to people contact. Sehingga bisa semakin memperkuat hubungan Indonesia dan Malaysia. Terlebih saat ini Indonesia memimpin Keketuaan ASEAN 2023.

“Selain bertetangga karena jaraknya yang berdekatan, hubungan Indonesia dan Malaysia juga diperkuat sebagai negara serumpun yang memiliki banyak kesamaan, baik dari latar belakang budaya maupun penggunaan bahasa sehari-hari. Karenanya peningkatan hubungan people to people contact melalui para pemuda sangat penting, agar kedua negara bisa senantiasa menjaga kedamaian sekaligus menghadapi bersama berbagai gangguan yang datang,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Wakil Ketua Umum FKPPI ini menerangkan, MPW Pemuda Pancasila Malaysia juga harus membangun hubungan baik dengan organisasi kepemudaan di Malaysia. Sehingga bisa menjadi lokomotif memajukan pemuda Asia Tenggara agar senantiasa menjadi Macan Asia. Sebagai kawasan yang paling stabil di dunia, tanpa pernah ada intervensi militer maupun gonjang-ganjing lainnya yang mengganggu kondusifitas kawasan, masa depan ASEAN yang damai bukan semata terletak pada kekuatan ekonomi, sosial, budaya, maupun militernya. Melainkan terletak pada para pemudanya.

“Karenanya diperlukan kesamaan visi antar pemuda ASEAN agar senantiasa bisa berkolaborasi untuk berkontribusi menjaga ASEAN yang damai, maju, modern, dan berdaya saing tinggi. Penguatan kepemudaan juga menjadi modal utama bagi ASEAN agar bisa berperan aktif di kawasan Indo-Pasifik. Mengingat berbagai tantangan yang dihadapi kedepannya akan sangat besar. Seperti klaim Tiongkok terhadap Laut China Selatan hingga dampak ketegangan yang masih terjadi antara Rusia dengan Ukraina, sekaligus juga potensi ketegangan yang terjadi di Taiwan,” jelas Bamsoet

Red   SAEFUL BAHRI/ posi

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.