Sudah Jelang Setahun Layanan Kesehatan Ortotik Prostetik RSUD Kota Tangerang Mendapat Respon Positif | POSINDONESIA.NET
mgid.com, 749657, DIRECT, d4c29acad76ce94f

Sudah Jelang Setahun Layanan Kesehatan Ortotik Prostetik RSUD Kota Tangerang Mendapat Respon Positif

Kota Tangerang, Advertorial, Posindonesia.net

– Hampir satu tahun berjalan pelayanan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang mendapatkan respon yang baik dari para penerima manfaat. Pelayanan kesehatan yang diluncurkan pada HUT Kota Tangerang yang ke-30 lalu sudah melayani hingga 11 penerima manfaat sampai dengan saat ini, Selasa (05/12/2023)

Layanan kesehatan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang merupakan satu-satunya yang ada di Provinsi Banten  dilengkapi dengan workshop dan sumber daya manusia (SDM) yang dapat memproduksi langsung alat bantu kesehatan yang berfungsi untuk membantu atau menggantikan peran bagian tubuh yang membutuhkan, seperti kaki palsu, tangan palsu, jari palsu, dan alat-alat bantu lain.

Ortotik Prostetik di Instalasi Rehabilitasi Medik RSUD Kota Tangerang merupakan salah satu pelayanan kesehatan ini sudah ada sejak bulan Mei tahun 2023, dengan teknisi yang terampil dan berpengalaman mampu untuk membuat alat bantu.

Menurut keterangan Ahli Ortotik Prostetik, Hongki mengatakan bahwa pasien yang diakibatkan oleh adanya gangguan fungsi dan gerak anggota tubuh dan batang tubuh serta hilangnya bagian anggota gerak tubuh kini di RSUD Kota Tangerang dapat diatasi.

“Pasien yang mengalami gangguan fisik dari lahir atau hilangnya bagian anggota tubuh seperti kaki akibat penyakit atau kecelakaan fisik di RSU Kota Tangerang sudah tersedia unit pelayananya, sudah ada 11 pasien yang ditangani.” kata Hongki kepada wartawan,

Namun, kata Hongki, tentunya terlebih dahulu pasien tersebut sudah melalui tahapan tahapan penanganan medis terlebih dahulu.

“Setelah penanganan itu, kita sudah siapkan alat ukur yang akan dibuat dan sekitar dua mingguan alat bantu tersebut sudah siap untuk di pakai baik orang dewasa maupun anak anak. Seperti, Kaki Palsu, alat bantu kaki bagi penderita stroke, serta alat bantu berupa sepatu untuk anak anak dan yang lainnya.”pungkasnya.

Masih pada kesempatan yang sama, salah seorang peserta BPJS yang sedang menjalani layanan kesehatan ini untuk anaknya mengatakan, layanan kesehatan yang diberikan RSUD Kota Tangerang sangatlah baik. Pasalnya usai mendapat rujukan dari rumah sakit sebelumnya, anaknya langsung mendapatkan tindakan medis dari dokter.

“Alhamdulilah, sejak dirujuk kesini (red:RSUD Kota Tangerang) anak saya langsung mendapat tindakan medis, perubahannya pun signifikan. Kebetulan saya pakai BPJS, tidak dipungut biaya sepeserpun sejak pertama masuk,” ujar Ibu Riskia asal Curug.

Dengan adanya layanan kesehatan Ortotik Prostetik di RSUD Kota Tangerang ini, diharpakan dapat membantu mencegah deformitas (kecacatan) lebih lanjut, meningkatkan kemandirian pasien dalam beraktivitas secara normal serta memperbaiki gangguan gerak yang mengalami masalah.(ADV)

[otw_is sidebar=otw-sidebar-7]

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.